Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mengatasi Windows Boot Manager Error 0xc000000e

Mengatasi Windows Boot Manager Error 0xc000000e - Siste operasi Windows tidak selamanya berjalan mulus seperti yang diharapkan penggunanya, kadangkala sistem operasi mengalami kegagalan disebabkan oleh beberapa hal sehingga file-file sistem operasi tidak dapat dieksekusi dengan baik. Salah datu masalah yang membuat OS Windows tidak berjalan sebagai mana mestinya yaitu Windows Boot Manager Error yang ditandai dengan pesan 'Windows failed to start. A recent hardware or software change migh be the cause. To fix the problem : 1. Insert your Windows installation disk and restart your computer. 2. Choose your language. setting, and then click "next".". 3. Click "Repair your computer."
If you do not have disc, contact your system administrator or computer manufacturer for assistance. File: \Boot\BCD status : 0xc000000e info: An error occured while attempting to read the boot configuration data.

Bila anda mendapati pesan seperti di atas pada komputer anada, maka sudah pasti anda akan mengikuti saran yang disampaikan Windows seperti di atas untuk melakukan repair OS Windows dari kepingan disk yang berisi master sistem operasi Windows. Tidak salah memang saran dari Windows ini, namun kadangkala saran ini tidak membuahkan hasil dan tidak membantu, masalah tetap saja muncul pesan Windows Boot Manager error 0xc000000e. Bagaimana solusinya? silahkan baca terus artikel ini hingga selesai karena tidak hanya sekedar repair Windows akan tetapi ada persoalan yang lebih kompleks.
Untuk mengetasi masalah Windows Boot Manager error, sebaiknya kita telusuri satu demi satu. Mulai dari harddisk, kenapa harus hard disk yang pertama? karena harddisk adalah "tempat tinggal" OS Windows, pada harddisklah Windows dipasang oleh karena itu kondisi harddisk harus dipastikan baik. Cobalah install Windows pada hard disk yang berbeda, apakah setelah menginstall pada harddisk lain masih muncul Windows Boot Manager Error. Bila masih error maka kemungkinan kerusakan bukan pada harddisk.
Langkah selanjutnya adalah jalur penghubung antara hard disk dengan motherboard/mainboard yaitu kabel data. Kabel data bisa berupa ATA dan SATA, silahkan diganti dengan kabel data yang berbeda, apakah setelah mengganti kabel data persoalan masih tetap muncul, ataukah persoalan teratasi. Bila masih tetap muncul masalah Windows Boot Manager, maka persoalan bukan pada kabel data tetapi pada perangkat lainnya.
Langkah berikut adalah mengecek port SATA/ATA pada mainboard, caranya adalah dengan memindahkan kabel data ke port yang lain dan coba jalankan komputer, apabila dengan cara OS Windows berjalan lancar dan tidak menimbulkan masalah Windows Boot Manager Error maka port yang sebelumnya terpasang kabel data telah rusak. Begitu juga sebaliknya bila setelah memindah kabel data ke port berbeda namun persoalan masih tetap muncul maka kerusakan bukan pada port SATA/ATA.
Untuk memastikan kerusakan Windows Boot Manager Error, silahkan lakukan pengecekan terhadap semua komponen yang sudah dijelaskan oleh Teknisi Komputer Denpasar di atas satu demi satu. Dan bila masih bingung juga untuk mengatasi Windows Boot Manager Error 0xc000000e, dan anda berada di kota Denpasar atau di Bali silahkan hubungi Teknisi Komputer Denpasar Bali. Semoga artikel ini bermanfaat.
 

Popular Posts