Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Untuk Pemakaian Laptop



PC laptoop adalah komputer mobile, sangat praktis dibawa kemana-mana, tetapi kita juga harus mengetahui cara pemakaian Lapptop yang benar agar laptop lebih tahan lama dan kinerjanya tetap baik.

Ada beberapa saran agar laptop yang anda pakai bisa awet dan tahan lama antara lain :

1. Kenali Spek Laptop Anda
Dengan mengenal spesifikasi laptop anda, anda bisa mengetahui program apa yang dapat di install kedalam laptop anda. Jangan menginstal Program yang berat dan membutuhkan memori dan daya kerja prosessor menjadi berat, hal itu akan mengakibatkan processor akan cepat bertambah panas dan hasilnya dapat membuat processor menjadi rusak.

2. Lamanya Pemakaian Laptop
Pemakaian laptop yang lama akan mengakibatkan panas pada komponen laptop anda, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen komputer anda. Gunakan software untuk menampilkan suhu temperatur Hardisk, Processor anda. dengan software tersebut akan memperingatkan anda bila temperatur sudah melewati temperatur Normal nama Softwarenya PC Wizard 2008. Bila anda mendapatkan peringatan temperatur komponen komputer anda sudah melalui batas normal simpan pekerjaan anda dan matikan laptop anda.

3. Pemakaian Laptop Terhubung dengan Listrik
Bila anda memakai laptop dengan daya listrik (Bukan Batrai) sebaiknya anda melepaskan batre laptop anda agar daya tahan batre akan semakin lama. Karena bila laptop tersambung ke Listrik maka pada laptop terjadi proses charger batre dan daya yang di pakai oleh leptop adalah daya baterai jadi baterai tetap mengisi selama pemakaian.

4. Gunakan Fan Pendingin
Bila pekerjaan anda membutuhkan waktu yang lama tidak bisa di hentikan, gunakan fan pendingin, agar komponen laptop anda tetap pada suhu normal, sehingga tidak terjadi kerusakan pada komponen komputer anda.

5. Monitor Laptop
Monitor LCD Laptop mempunyai waktu batas pemakaian biasanya setelah pemakaian sekitar 350000 jam maka LCD monitor laptop akan buram dan tidak fokus, jadi kalau laptop di hidupkan dan harus ditinggal sebentar sebaiknya layar monitor Laptop di matikan dengan menggunakan FN (Function) Monitor (Pengalihan Layar monitor LCD laptop ke VGA Out)

6. Pemakaian Laptop
Pemakaian laptop hendaklah stabil jangan ada goncangan atau bergerak-gerak dan berpindah-pindah pada saat laptop dioperasikan, karena guncangan dapat mengakibatkan head track hardisk yang sedang membaca data akan menggores piringan Hardisk sehingga dapat mengakibatkan Bad sactor, dengan demikian akan mengakibatkan kerusakan hardisk, sehingga data anda yang ada di laptoppun akan hilang.

7. Penyimpanan yang aman
Simpanlah laptop anda di tempat yang aman agar jangan terkena debu atau  air, karena debu atau air dapat mengakibatkan kerusakan pada laptop anda.

8. Pastikan pada saat anda hendak menghubungkan laptop anda ke listrik posisi laptop anda mati, supaya jangan terjadi kejutan listrik pada batrai, karena ketika laptop anda sedang beroperasi batrai sedang bekerja memberikan daya kepada laptop anda dan bila tiba2 terjadi hubungan ke listrik akan memberikan kejutan daya listrik pada batrai sehingga membuat batrai anda daya tahannya akan melemah.

9. Bila laptop anda mengalami kerusakan, hendaklah anda membawanya ke service centernya, jangan membawa ketempat service sembarangan.

10. Jauhkan laptop anda dari anak-anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts